Shalom saudaraku!!
Terima kasih anda telah berkunjug di Renungan Harian Online ini. Saya merasa senang sekali apabila bisa berbagi berkat dengan saudara - saudara seiman.
semoga dengan adanya blog saya ini dapat menyejukkan jiwa anda, dan semoga banyak jiwa yang terpulihkan dengan Renungan Harian Online ini.

Salam dalam Nama Yesus.
Senja Nababan

Friday, April 17, 2009

~Renungan Harian Jumat, tanggal 17 April 2009

TUHAN TEMPAT PERLINDUNGAN

Mazmur 31 : 4-5; 46:2


Masyarakat kita banyak dipengaruhi oleh sesuatu yang bersifat mistik. Di daerah saya meskipun mayoritas Kristen, tetapi masih banyak juga yang menunjukkan rasa hormat dan persahabatan terhadap setan – setan. Keyakinan kepada Tuhan berjalan beriringan dengan keyakinan kepada setan-setan. Bahkan kadang-kadang terkesan bahwa orang lebih takut kepada setan daripada Tuhan. Saya mengatakan seperti ini karena orang tidak segan-segan untuk mencuri atau memilih tidak ke gereja di hari Minggu tanpa rasa bersalah. Tetapi disisi lain mereka lebig menunjukkan rasa hormat kepada setan-setan dengan melakukan ritual tertentu.

Banyak kebiasaab turun-temurun yang masih dipelihara hingga saat ini, misalnya : ketika seseorang membuat tape ketan, maka ia akan menyisihkan satu sendok makan dari ketan yang sudah dicampur dengan ragi, membungkusnya dengan daun pisang, lalu menyelipkannya di samping luar rumah. Bungkusan itu diperuntukkan bagi setan-setan agar bisa terjadi fermentasi yang baik. Ketika seseorang akan membuka lahan baru atau mengolah lahan yang baru, maka ia harus meminta izin terlebih dahulu kepada “tuan tanah”, yaitu setan-setan. Jika tidak maka keluarganya akan diganggu, begitu pula dengan hasil tanah nya. Daun jarak dan kencur juga diyakini bisa mengusir setan-setan. Menurut tradisi, orang yang sedang sakit menjadi incaran setan-setan, sehingga orang akan menaruh daun jarak dan kencur disekeliling jendela rumah. Tidak jarang juga orang Kristen pergi kepada orang pintar untuk mendapatkan ilmu kekebalan dan perlindungan dari bahaya.

Kebiasaan – kebiasaan diatas merupakan kekejian bagi Tuhan. Mengapa kita lebih percaya kepada setan dari pada Tuhan yang berkuasa dan empunya langit dan bumi? Daud begitu percaya kepada Tuhan dan menjadikanNya gunung batu perlindungan yang tak terkalahkan. “sebab Engkau bukit batuku dan pertahananku, dan oleh karena nama Mu Engkau menuntun dan membimbing aku. Engkau akan mengeluarkan aky dari jaring yang dipasang orang terhadap aku, sebab Engkaulah tempat perlindunganku.”

(Mzm 31 : 4 – 5). Daud menaruh percaya kepada Tuhan karena ia punya pengalaman dengan Tuhan, ia bergaul begitu dekat dengan Tuhan.

Jadikanlah Tuhan sebagai tempat perlindungan bagi kita dan putuskanlah hubungan dengan setan – setan. Sesungguhnya orang yang menjadikan Tuhan sebagai tempat perlindungannya, tidak akan pernah goyah. Tidak ada satu kuasa atau kekuatan apapun yyang akan mencelakakannya, karena Tuhan menjadi perisai baginya. Jangan lagi perhambakan diri kepada Setan, karena kita adalah anak – anak Raja.

DOA

Tuhan, aku meminta perlindungan dari padaMu, karena Engkaulah Tuhan yang kupercaya dan yang kuasaNya tidak tertandingi. Dalam nama Tuhan Yesus aku mohon. Amin

KATA BIJAK

Perlindungan yang ajaib akan dinyatakan bagi mereka yang mangandalkan Tuhan.

MUTIARA KATA HARI INI

Anda tidak perlu menunggu berhasil untuk melakukan sesuatu, sebab Anda tidak berhasil jika anda tidak mulai melakukan sesuatu. Les Brown

Sumber : Manna Sorgawi (Mansor)

No comments: