Shalom saudaraku!!
Terima kasih anda telah berkunjug di Renungan Harian Online ini. Saya merasa senang sekali apabila bisa berbagi berkat dengan saudara - saudara seiman.
semoga dengan adanya blog saya ini dapat menyejukkan jiwa anda, dan semoga banyak jiwa yang terpulihkan dengan Renungan Harian Online ini.

Salam dalam Nama Yesus.
Senja Nababan

Saturday, December 13, 2008

Renungan Harian, Sabtu 13 Desember 2008

Menjaga Kehormatan Pasangan
Efesus 5 : 22 - 25, 28 - 29


Kata-kata bijak ini menasihati kita untuk selalu belajar menghormati pasangan hidup kita. "Di dalam pernikahan yang bahagia ada persahabatan. Seorang sahabat menjaga kehormatan sahabatnya." Inilah yang dilakukan Hank kepada isterinya, Kim. Hank adalah contoh seorang suami yang menjaga kehormatan istrinya.

Suata hari Kim ingin menambah menu sajian pada acara Fellowship yang diadakan di gerejanya. Walaupun tidak pandai memasak, Kim membuat kaserol untuk disumbangkan pada acara fellowship tersebut. Pada harinya, Hank dan Kim pergi ke gereja. Selama dalam perjalanan dari rumah ke gereja, Hank mencium aroma gosong dari kaserol buatan Kim. Saat mereka tiba di gereja, masakan Kim diletakkan di sebuah meja bersama masakan jemaat lainnya. Ketika waktu bersantap akan dimulai, Hank beranjak dari tempat duduknya. "Aku harus sampai ke meja itu sebelum orang lain, " gumam Hank di dalam hatinya. Hank berjalan ke meja dan menyendok sedikit kaserol yang diberi saos, ia ingin memastikan dugaannya. Setelah mencicipinya, Hank berpikir, "Apa yang akan dikatakan teman-teman segereja kalau mereka mencium bau hangus di kaserol Kim?" Hank takut Kim akan tersinggung oleh komentar teman-temannya, karena itu ia berkata, "Hari ini saya mau menjadi orang yang rakus. Maaf, kalau saya tidak membiarkan siapa pun mencicipi kaserol buatan Kim, karena saya akan menghabiskannya sendirian, sebagai bukti cinta saya kepadanya." Semua orang yang mendengar tak berkomentar apa pun, rasa haru menjalar ke hati mereka. Cinta kasih Hank yang besar terhadap Kim menjadi bahan diskusi yang menarik di fellowship hari itu. Sementara itu Hank dengan tenang duduk di pojok, perlahan-lahan ia melahap habis kaserol buatan wanita yang dicintainya. Pria yang sejati selalu berupaya membela dan menjaga kehormatan pasangannya.

Di kemudian hari Kim mengetahui alasan mengapa Hank bersedia menghabiskan kaserol yang hangus itu. Dan di suatu pertemuan dengan penuh percaya diri ia berkata kepada teman-temannya, "Aku tahu bahwa aku menikahi pria yang sedapat mungkin akan kupertahankan untuk selama-lamanya." Istri yang tahu bahwa suaminya sangat menghargainya adalah istri yang berbahagia. Istri yang bahagia akan terus menghormati suaminya.

Rasa berharga membawa dampak yang besar di dalam sebuah hubungan, khususnya antara suami dan istri. Sebaliknya, tidak adanya penghargaan akan menimbulkan sikap yang meremehkan, bahkan saling menyerang. Bisa kita bayangkan jika pasangan kita suka meremehkan kita,a palagi di depan orang lain. Hati kita pasti terasa sakit, bahkan terluka. Saat terluka tentu sulit bagi kita untuk memberi respons yang baik berupa perhatian yang t6ulus, rasa sayang, apalagi penghargaan dan penghormatan kepada pasangan kita. Jika kita ingin dihargai dan dicintai, maka kit aharus menunjukkan penghargaan kepada pasangan kita.

DOA

Tuhan Yesus, biarlah di dalam setiap rumah tangga, khususnya pasangan suami-istri Kristen, tertanam rasa saling menghargai dan menyayangi. Dalam namaMu aku berdoa. Amin.

Kata-Kata Bijak Hari Ini

Rasa saling menghargai akan melahirkan komitmen yang kuat dan kesetiaan yang besar. (Ester Chim)

Mutiara Kata Hari Ini
Kadang kala, justru keputusan kecil yang akan mampu merubah hidup kita selamanya. (Keri Russel)

Sumber: Manna Sorgawi (Mansor), Desember 2008, No. 129 Tahun XI

No comments: