Shalom saudaraku!!
Terima kasih anda telah berkunjug di Renungan Harian Online ini. Saya merasa senang sekali apabila bisa berbagi berkat dengan saudara - saudara seiman.
semoga dengan adanya blog saya ini dapat menyejukkan jiwa anda, dan semoga banyak jiwa yang terpulihkan dengan Renungan Harian Online ini.

Salam dalam Nama Yesus.
Senja Nababan

Thursday, December 4, 2008

~ Renungan Hari ini, 04 Desember 2008

Kerendahan Hati Yesus
Filipi 2 : 5 – 8



Seminggu Bersama Palungan – Hari 4

Penyanyi terkenal Britney Spears merencanakan kelahiran anak pertamanya dalam sebuah kemewahan. Dilaporkan bahwa ia memesan kamar di sebuah rumah sakit yang berada di Scottsdale, Arizona, lengkap dengan semua fasilitas untuk kepentingan pribadi. Penyanyi ini menginginkan agar di kamarnya ada bunga mawar putih dan kuning ketika nanti ia melahirkan di sana. Bukan hanya itu, ia juga menginginkan agar semua perawat yang melayaninya diperiksa dulu latar belakangnya. Lain lagi dengan pelantun lagu “Do It Well”, Jennifer Lopez. Sebelum ia melahirkan, sebuah rumah sakit telah menyiapkan kamar eksklusif berlantai kayu yang dilengkapi dengan televise layer datar berukuran besar. Kamar ini sangat mewah disbanding dengan kamar di rumah sakit pada umumnya.
Kisah kelahiran Yesus Sang Putera Allah sama sekali jauh berbeda dengan kisah kelahiran anak-anak para bintang dunia, yang lahir dalam kemewahan. Tidak ada persiapan untuk menyambut kelahiranNya. Janagankan tempat bersalin mewah, sekedar rumah yang layak pun tidak Ia dapatkan. Bahkan ketika Anak itu lahir, Ia hanya diletakkan di dalam sebuah palungan. Sebenarnya Allah bisa memilih seorang wanita dari keluarga bangsawan untuk mengandung PuteraNya, tetapi Allah tidak melakukan itu. Ia memilih seorang wanita sederhana yang tidak memiliki pengaruh yang besar di dalam masyarakat. Allah bisa memberitahukan terlebih dahulu kepada para pemimpin dunia bahwa AnakNya akan lahir, namun Ia tidak melakukannya. Berita keholahiran itu justru pertama-tama diberitahukan kepada kelompok orang yang dianggap hina saat itu, yaitu para gembala dan bukan raja-raja.

Di balik kissah Natal yang sangat dramatis ini ada maksna penting bagi kita, yaitu Allah telah merendahkan diriNya karena Ia ingin menyelamatkan semua maniusia dari golongan dan tingkat ekonomi mana pun. Tidak semua orang dapat pergi melihat seorang anak raja yang lahir di dalam istana yang mewah, tetapi semua orang dapat datang ke dalam kandang yang sederhana dan melihat Seorang Bayi yang diletakkan di dalam palungan. Allah rela merendahkan diriNya dalam kesahajaan agar manusia bisa datang kepadaNya. 2 Korintus 8 : 9 berbunyi, "Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinanNya".

Palungan mengingatkan kita akan kesediaan dan keterbukaan Allah kepada semua orang yang ditolak dunia, yang tidak masuk hitungan dan yang dianggap tidak layak. Sebagaimana Yesus Anak Allah itu bersedia lahir di kandang yang kotor dan diletakkan dik dalam palungan. Ia juga bersedia lahir di dalam hati kita yang kotor karena dosa. Ingat palungan, ingat pengorbanan Allah yang sudah merendahkan diriNya demi manusia.

====================================================================

DOA
=====
Yesus, sungguh besar kasihMu pada manusia sehingga Engkau rela merendahkan diriMu. Aku mau mempersembahkan seluruh hidupku padaMu. Dalam nama Yesus, Amin.

=====================================================================

Kata-Kata Bijak Hari Ini :
Kasih Allah membuatNya datang ke dunia, kerendahan hatiNya membuatNya berada di palungan.


Mutiara Kata Hari ini :
Perdamaian tidak dapat dijaga dengan kekuatan. Hal itu hanya dapat diraih dengan pengertian. (Einstein)

No comments: